20100103

olahraga oh olahraga


Futsal itu Mirip Dangdut, Digemari tapi Tidak Populer



NAMUN, pamor aktivitasnya tidak seperti kakak kandungnya, sepakbola. Mirip musik dangdut yang digemari masyarakat, tapi tidak sepopuler musik pop.

musik dangdut sudah mendarah daging di masyarakat Indonesia. Kata grup musik kocak, Project pop, “Dangdut is the music of my country.” Dangdut digemari oleh masyrakat lapis menengah ke bawah. Mendengar musik dangdut, masyarakat pun sudah paham akan bergoyang seperti apa. Tapi, meskipun mewabah di masyarakat, tingkat kepopuleran dangdut kalah dari musik pop.

Rating penjualan album dangdut pun jauh lebih kecil daripada musik pop. Pelantunnya pun tidak sebeken penyanyi atau grup band pop. Yang penting bagi musik dangdut adalah musik dan goyangannya. Soal siapa penyanyinya? Nggak penting.

Sama halnya dengan futsal. Beberapa tahun terakhir futsal sangat mewabah. Di kalangan pekerja kantoran dan perusahaan swasta, rata-rata mereka telah membentuk tim futsal. Bahkan telah tergelar turnamen futsal corporate yang diprakarsai Surabaya Post beberapa waktu lalu.

Di kalangan pelajar, untuk mengisi waktu luang usai sekolah, mereka patungan untuk menyewa lapangan futsal. Karena dalam futsal, kemenangan bukanlah hal penting. Yang terpenting adalah keringat dan keceriaannya. Turnamen-turnamen futsal yang digelar pun kebanyakan buat hiburan belaka. Tidak untuk sebuah prestasi. Sekarang coba sebutkan, siapa bintang futsal idola anda? Tentu tidak ada. Sebab, futsal belum melahirkan bintang idola.

Namun, jangan heran jika di setiap sudut kampung terdapat klub futsal. Biasanya mereka ada ketika dihelat turnamen tertentu. Seperti di kawasan Tambak Asri Surabaya. Beberapa waktu lalu di tim Tambak Asri menggelar turnamen futsal. Mereka juga membentuk tim dengan nama yang aneh dan lucu.

Itu semua karena mewabahnya futsal. Namun sampai sekarang mereka belum menemukan wadah. Belum ada turnamen resmi dari PSSI yang mewadahi kehidupan futsal. Di Pengcab PSSI Surabaya misalnya, belum ada kompetisi-kompetisi futsal yang berjalan secara rutin.

Digelarnya turnamen futsal di Pengcab hanya sebagai euforia dan penyelesaian program kerja belaka. Namun, tahun ini entah kapan tepatnya, Pengcab berencana akan menggelar kompetisi futsal secara rutin. April mendatang, di Surabaya mulai diadakan kompetisi futsal corporate secara rutin. Semoga sukses!

2 komentar:

brenk ...