20100120

setelah begadang semalem....

akhirx berhasil menabung berbagai penderitaan untuk masa tua...!!
Begadang merupakan hal yang sering dianggap wajar, apalagi bagi para mahasiswa yang sedang banyak tugas, bahkan para pelajar pun kadang begadang kalau mau ulangan (berarti kalau nggak ulangan nggak belajar..haha). Para mahasiswa yang udah sepuh (=tua) biasanya bilang sama adik2nya kalau begadang itu sudah biasa, jadi biasain dari sekarang begadang biar besok nggak kaget. Kalau begadangnya penting sih gapapa bos, tapi inget, sering begadang itu berbahaya, dari dimarahin dosen atau guru gara-gara telat sampai kena kanker hati bos..wuih,bahaya kan?cekidot lah...


Sebenarnya sih kalau cuman dimarahin dosen atau guru tinggal pulang lagi terusin tidurnya, tapi kalau udah sakit, kan malah ngrepotin orang lain kan bos. Lagu "Begadang Jangan Begadang" punya Rhoma Irama memang ada benarnya.. Ini bos daftarnya..

Emosi Tak Stabil
Secara medis ketenangan atau kondisi rileks ditandai dengan pelepasan endorphin dari dalam tubuh. Begadang dapat menyebabkan pelepasan hormon tersebut tidak sempurna. Sehingga susunan saraf pusat yang mengatur emosi seseorang pun terganggu. Ia biasanya menjadi sangat sensitif dan hidupmua terasa kacau saja bawaanya.

Sel Tubuh Rusak dan Sel Imun Berkurang
Sebuah riset yang berlangsung dari 1987 oleh ahli kanker Steve Richards menunjukkan korelasi antara kerja malam dan kemungkinan menderita kanker. Orang-orang yang bekerja di malam hari hingga subuh atau pagi hari ternyata memiliki ketidakseimbangan hormon yang akhirnya mempengaruhi sistem kekebalan tubuh khususnya pada perkembangan sel-sel rusak yang seharusnya dihancurkan oleh sel-sel imun.

Pada tubuh normal, yakni waktu kerja pagi-sore, siklus metabolisme tubuh akan meningkat di pagi hari dan mulai menurun hingga malam hari. Saat seseorang memaksakan untuk terjaga di malam hari, tubuh akan memompa darah sebanyak mungkin dan mendorong sistem imun untuk meningkatkan sel-sel kekebalan tubuh seperti sel T dan CD4. Bila "pemaksaan" ini dilakukan satu-dua kali, tubuh masih dapat memberikan toleransi tetapi saat menjadi kebiasaan, siklus tubuh yang diatur oleh jam biologis otak (circadian time clock) akan berubah dari default (pagi-sore) menjadi sore-pagi. Ini membuat kekebalan tubuh menurun di pagi hari dimana bibit penyakit dan bahan-bahan karsinogenik bertebaran di udara akibat perubahan suhu dan angin. Hasil riset ini dipublikasikan dalam The Lancet Oncology bulan ini. dari: www.udd.ac.id

Kanker Hati
Menurut situs keren ini, kbiasaan tidur larut malam dapat menyebabkan kanker hati. Para dokter di National Taiwan Hospital baru-baru ini mengejutkan dunia kedokteran karena ditemukannya kasus seorang dokter muda berusia 37 tahun yang selama ini sangat mempercayai hasil pemeriksaan fungsi hati (SGOT,SGPT), tetapi ternyata saat menjelang Hari Raya Imlek diketahui positif menderita kanker hati sepanjang 10 cm!

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu,dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah Sebab itu, tidurlah yang nyenyak dan jangan begadang!

Stroke dan penyakit Jantung
Menurut Kazuo Eguchi dari Universitas Medis Jichi yang dikutip dari Jurnal Asosiasi Medis Amerika menyimpulkan bahwa bergadang dapat memicu serangan jantung dan menimbulkan stroke. Dalam penelitian itu ditemukan 99 kasus penyakit kardiovaskuler pada orang yang kurang tidur dalam 7,5 jam. Tak hanya itu, tekanan darah mereka juga naik pada malam hari dan merasa sakit pada jantung. Hasil penelitian lainnya dari American Academy of Sleep Medicine (AASM) lewat juru bicaranya sanjeev Kothare, MD, menyampaikan bahwa begadang dapat menyebabkan seseirang menjadi suka ngemil. Tentu saja ngemil makanan instan itu enggak sehat. Beresiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah yang juga mengakibatkan kolestrol. Nah jadi jika kolestrolmu tinggi, bisa berdampak stroke berapapun usiamu.

Diabetes dan Darah Tinggi
Didalam tubuh seseorang ada yang disebut dengan sekresi alias pengeluaran hormon insulin yang berfungsi untuk memecah gula. Begadang bisa menyebabkan hormon ini melemah dan bekerja secara tidak sempurna. Menurut riset yang dilakukan oleh University of Chicago, Amerika serikat keseimbangan metabolisme tubuh akan terganggu jika kamu begadang selamu 3 hari berturut-turut. Gula yang harusnya diubah menjadi energi menumpuk dalam darah. Tingginya kadar gula dalam darah itulah yang menyebabkan Diabetes mellitus. Tak hanya beresiko diabetes meningka, tekanan darah tinggi juga jadi resikonya. dari:klikalfon.info

Nah.. Kebayang kan bos kalau sering begadang bikin badan dikontrak beberapa penyakit dari berbagai penjuru. Sebenarnya yang penting cukup lah, jangan terlalu banyak tidur juga, itu juga nggak bagus. Sekilas aja kemarin abis baca kaskus sempet nyimak kalau tidur itu lebih baik jam 8 malam sampai jam 2 dini hari, abis itu bangun bt belajar tar(yang mau belajar sih), itu sampai subuh, lalu olahraga biar sehat bugar. Nah,kan tadi baru 6 jam, yang satu jam bisa tidur siang, jangan terlalu sore lah, ntar bikin ling lung. Kalau mau lebih sehat lagi, minum susu sebelum tidur, pasti tidurnya nyenyak.

hmmmm... ga di ulang lg dah...:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

brenk ...